SELAMAT DATANG DI ELEX'S BLOG!

Selasa, 24 November 2009

ISTILAH-ISTILAH DI INTERNET (2)

Pada postingan kali ini saya akan meneruskan istilah-istilah di internet (1). Beberapa istilah yang umum sebagai berikut:
~> SHAREWARE adalah program komputer di internet yang dapat di download dan dapat kita gunakan dalam jangka waktu tertentu, jika ingin menggunakan secara terus menerus maka kita harus membelinya.
~> WEBSITE adalah kumpulan dari halaman-halaman web yang saling terkait. Website sering juga disebut dengan situs, site atau juga portal.
~> ISP (Internet Service Provider) adalah penyedia layanan jasa koneksi ke internet, agar bisa terhubung dengan internet maka komputer kita harus terhubung dengan ISP. HOMEPAGE adalah halaman pertama yang terdapat dalam sebuah website. Homepage sering juga dianggap sebagai "rumah" dalam bentuk halaman web.
~> ONLINE adalah keadaan dimana komputer kita tersambung dengan internet.
~> OFF-LINE dalah keadaan dimana komputer kita terputus dengan internet.
~> LOGIN adalah proses masuk pada halaman sebuah halaman web diinternet yang sifatnya personal/otoritas dengan memasukkan user ID dan juga password. Sebagai comtoh saat kita masuk pada email kita.
~> LOGOUT adalah proses keluar dari sebuah halaman web yang hanya dapat diakses oleh orang yang punya otoritas tersebut.
~> DIAL-UP CONNECTION adalah metode koneksi ke ISP menggunakan jaringan telepon.
~> DOMAIN NAME lokasi organisasi atau perseorangan dalam internet. Misalnya edu : education, sch : school, ac : academik, com : commercial, net : network, org : organization dan lain-lain.
~> FTP (File Transfes Protocol) adalah metode dalam melakukan transfer file menggunakan internet. Biasanya digunakan untuk meng-upload file ke server lain.
~> HYPERLINK adalah koneksi antara sebuah elemen (kata, gambar, atau informasi) dalam sebuah dokumen dalam lingkungan web. Pengguna dapat mengklik elemen-elemen tersebut yang biasanya digaris bawahi atau diberi warna khusus.
~> SURFING adalah suatu kegiatan mengunjungi situs, dari satu situs kesitus lainnya untuk mencari informasi-informasi yang dibutuhjan oleh pengakses.....


TUNGGU POSTINGAN BERIKUTNYA...!!"fullpost">

Tidak ada komentar: